Alhambra.... Finish sharing with my good friends, Eng teachers at grand setia kawan solo. The followings are some documents you may need to download:
click here to continue
Thursday, September 22, 2011
Wednesday, September 21, 2011
TEST INSTRUMENT DEVELOPMENT
Bapak-bapak dan Ibu-ibu, berikut ini kompilasi materi dan produk dari sesi Pak Wasimin dalam Diklat Guru Pemandu di Hotel Grand Setia Kawan Surakarta dari tanggal 20-24 September 2011. Monggo didownload sendiri-sendiri. Happy downloading:
test item card
table of specification
test instrument development
syllabus (english version)
lesson-plan (english version)
enrichment materials
writing UN
Reading UN
test item card
table of specification
test instrument development
syllabus (english version)
lesson-plan (english version)
enrichment materials
writing UN
Reading UN
Monday, May 16, 2011
Berikut ini contoh PTK karya warga mgmp bahasa inggris 06:
Proposal PTK
Halaman depan PTK
Isi PTK
Ringkasan PTK
dan satu contoh RPP Ber-EEK:
RPP EEK
Proposal PTK
Halaman depan PTK
Isi PTK
Ringkasan PTK
dan satu contoh RPP Ber-EEK:
RPP EEK
Thursday, April 21, 2011
Tuesday, April 19, 2011
Saturday, April 9, 2011
LAPORAN STUDY VISIT
PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN
DINAS PENDIDIKAN
MGMP BAHASA INGGRIS 06
Alamat Sekretariat: SMPN 1 Kradenan – Kabupaten GROBOGAN
LAPORAN STUDY VISIT
PROGRAM BERMUTU
MGMP BAHASA INGGRIS 06
KABUPATEN GROBOGAN
PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN GROBOGAN
2010
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN STUDY VISIT
MGMP BAHASA INGGRIS 06
KABUPATEN GROBOGAN
Grobogan, Januari 2010
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Kradenan
Kabupaten GROBOGAN Ketua MGMP Bahasa Inggris 06
Kab. GROBOGAN
Drs. Tjahyono Budiyanto, M.Pd Siswanto, S.Pd., M.M.
NIP.19621206 198803 1 004 NIP. 19680828 199203 1 007
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten GROBOGAN
H.SUGIYANTO, SH,M.M
NIP. 19610112 1987011 1 003
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang maha Esa karena atas rahmat dan hidayah-Nya Laporan Study Visit Peserta Kegiatan Pemberdayaan Program Bermutu yang diselenggarakan pada MGMP BAHASA INGGRIS 06 GROBOGAN akhirnya dapat diselesaikan untuk memenuhi tagihan Program Bermutu sebagaimana yang telah ditetapkan dan disepakati bersama.
Walaupun pada awalnya banyak sekali hambatan dan kesulitan dalam menyelesaikan Laporan ini, namun berkat bantuan dan panduan dari berbagai pihak akhirnya kendala yang timbul dapat teratasi. Untuk itu atas segala bentuk bantuan dan panduan tersebut kami mengucapkan terima kasih kepada :
1. H. Sugiyanto,SH,M.M. selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan.
2. Drs. Djauhari, M.M. selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Purwodadi yang menjadi sekolah tujuan untuk kegiatan study visit.
3. Drs. Tjahyono Budiyanto, M.Pd. selaku Kepala SMP Negeri 1 Kradenan, sekolah inti kegiatan MGMP Matematika 06 Kabupaten Grobogan.
4. Teman-teman peserta MGMP Bahasa Inggris 06 dalam kegiatan BERMUTU yang telah memberikan masukan dan saran dalam penyusunan laporan kegiatan studi visit ini.
5. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang secara langsung maupun tidak langsung telah membantu kelancaran penyusunan laporan.
Akhir kata walaupun disadari bahwa dalam penulisan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan dikarenakan pastilah terdapat kekurangan yang perlu dilengkapi dan bahkan mungkin juga terdapat kesalahan yang harus diperbaiki, namun semoga karya ini cukup bermanfaat bagi kita semua dalam memberdayakan pendidikan di Indonesia. Kritik perbaikan dan saran pemberdayaan sangat kami harapkan.
Grobogan, 4 Januari 2011
MGMP Bahasa Inggris 06 Grobogan
DAFTAR ISI
Halaman Sampul ....................................................................................... 1
Halaman Pengesahan ............................................................................... 2
Kata Pengantar ......................................................................................... 3
Daftar Isi .................................................................................................... 4
BAB I PENDAHULUAN..........................................................................
A Rasional...............................................................................................
B Tujuan..................................................................................................
C Sasaran.................................................................................................
D Materi...................................................................................................
E Output...................................................................................................
BAB II. PELAKSANAAN DAN HASIL.................................................
A Pelaksanaan .........................................................................................
1. Waktu Pelaksanaan (visitasi ke MGMP atau SMP)
2. Nama MGMP, Nama Sekolah, Mata Pelajaran (untuk MGMP), Guru yang melaksanakan, dan Tim Pemantau (sebaiknya dibuat dalam bentuk tabel).
B Hasil (uraian pelaksanaan visitasi ke MGMP dan ke SMP) ...............
C Tindak Lanjut (merupakan pembahasan lebih jauh dan pemanfaatan hasil temuan visitasi). .........................................................................
BAB III. PENUTUP..................................................................................................
A Kesimpulan...........................................................................................
B Saran....................................................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN.......................................................................
Foto kegiatan
Dokumen yang diperoleh
Jadwal study visit
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................
BAB I. PENDAHULUAN
A. Rasional
Pelaksanaan program BERMUTU di semua MGMP yang diberi Dana Bantuan Langsung (DBL) diharapkan dapat terwujud dengan kualitas tidak terjadi perbedaan yang berarti. Bila kualitas pelaksanaan program tidak sesuai harapan terjadi di suatu MGMP pada kurun waktu tertentu, diharapkan dapat diperbaiki. Oleh karena itu, MGMP harus memperoleh gambaran keterlaksanaan program BERMUTU di MGMP lain yang menerima DBL. Di samping itu, MGMP harus mendapat gambaran yang nyata tentang implementasi hasil kegiatan MGMP di sekolah yang guru-gurunya tergabung di MGMP yang bersangkutan.
Berdasarkan ketentuan tersebut diatas MGMP Bahasa Inggris 06 Kabupaten Grobogan merasa perlu untuk melakukan study banding ke MGMP lain yang diperkirakan lebih baik. Melalui gambaran pelaksanaan kegiatan MGMP yang bersangkutan (keberhasilan dan hambatan atau permasalahan yang dihadapi) dalam rangka memperbaiki keterlaksanaan program di MGMP tersebut kami berharap akan dapat belajar untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja MGMP Bahasa Inggris 06 Kabupaten Grobogan.
B. Tujuan
Tujuan study visit terkait dengan kegiatan di MGMP dan dalam rangka menggali informasi secara langsung antara lain sebagai berikut :
1. Untuk memperoleh gambaran tentang hasil pelaksanaan program BERMUTU di MGMP lain yang diperkirakan lebih baik.
2. Untuk memperoleh gambaran tentang implementasi hasil kegiatan MGMP tersebut di sekolah.
C. Sasaran
Berdasarkan ketentuan disebutkan bahwa peserta study visit menetapkan sasaran yang akan dikunjungi dalam kegiatannya. Paling tidak ada dua sasaran yaitu:
(1) MGMP yang mendapatkan DBL dan diprediksi memiliki kinerja lebih baik;
(2) Sekolah unggul berkategori SSN/RSBI/SBI dan bergabung dengan MGMP yang telah dikunjungi pada nomor (1).
Pada kesempatan lain sasaran study visit dapat dilakukan ke tempat-tempat penting atau bersejarah yang bermanfaat bagi perbaikan kinerja guru melalui kegiatan MGMP.
YANG MELAKUKAN KUNJUNGAN (VISITASI) SASARAN KETERANGAN
KKG 1. KKG Yang mendapatkan DBL dan diprediksi lebih baik.
2. Sekolah SD unggul berkategori SSN/RSBI/SBI dan bergabung dengan KKG yang telah divisitasi (nomor 1).
MGMP 1. MGMP Yang mendapatkan DBL dan diprediksi lebih baik.
2. Sekolah SMP unggul berkategori SSN/RSBI/SBI dan bergabung dengan MGMP yang telah dikunjungi (nomor 1).
Berdasarkan ketentuan tersebut di atas MGMP Bahasa Inggris 06 Kabupaten Grobogan yang bersekolah inti di SMP Negeri 1 Kradenan menetapkan sasaran Kunjungan Visit pada SMP Negeri 1 Purwodadi dengan sejumlah pertimbangan bahwa sekolah tersebut dipandang lebih baik dalam ketersediaan sarana prasarana, proses pelaksanaan program dan implementasi hasil kegiatannya disekolah.
D. Materi
Materi ini mengungkap informasi pada semua aktivitas dalam pelaksanaan study visit ke sekolah mencakup :
a. Hasil Pelaksanaan program BERMUTU di MGMP.
b. Implementasi hasil kegiatan MGMP.
E. Output
Output dijabarkan sesuai tujuan study visit yang dapat dijadikan indikator pelaksanaan study visit sebagai berikut :
a. Memperoleh gambaran tentang hasil pelaksanaan program BERMUTU di MGMP lain, sebagai bahan perbandingan dan perbaikan pelaksanaan program BERMUTU di MGMP yang bersangkutan.
b. Memperoleh gambaran tentang implementasi hasil kegiatan MGMP di sekolah, sebagai bahan perbandingan dan perbaikan implementasi hasil kegiatan MGMP di sekolah-sekolah yang tergabung di MGMP yang bersangkutan.
BAB II. PELAKSANAAN DAN HASIL
Dalam bab ini kami utarakan sejumlah hal yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan study visit yang meliputi 5W + 1H (what, where, when, why, who, and how).
what menggambarkan nama kegiatan yang dilakukan,
Kegiatan Study Visit merupakan kegiatan studi banding ke sekolah lain yang diperkirakan lebih baik. Melalui gambaran pelaksanaan kegiatan MGMP oleh sekolah yang bersangkutan (keberhasilan dan hambatan atau permasalahan yang dihadapi) dalam rangka memperbaiki keterlaksanaan program di MGMP tersebut kami berharap akan dapat belajar untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja MGMP Bahasa Inggris 06 Kabupaten Grobogan.
where menggambarkan tempat pelaksanaan kegiatan,
Berdasarkan sejumlah konsideran alasan pertimbangan sesuai dengan kenyataan yang nyata dihadapi dan ketentuan yang harus dipenuhi maka kemudian MGMP Bahasa Inggris 06 yang bersekolah inti di SMP Negeri 1 Kradenan menetapkan SMP Negeri 1 Purwodadi sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Study Visit. Sejumlah faktor yang mengakibatkan dan kemudian menguatkan keputusan tersebut antara lain sebagai berikut :
1. SMP Negeri 1 Purwodadi kami pandang lebih unggul daripada sekolah-sekolah peserta MGMP Bahasa Inggris 06 yang bersekolah inti di SMP Negeri 1 Kradenan dikarenakan sejumlah hal sebagai berikut :
a. Fasilitas Pembelajaran ICT SMP Negeri 1 Purwodadi lebih unggul dan modern dibanding sekolah-sekolah peserta MGMP Bahasa Inggris 06 yang kebanyakan belum memiliki LCD projector ataupun jaringan internet.
b. SMP Negeri 1 Purwodadi kami pandang lebih unggul daripada sekolah inti MGMP Bahasa Inggris 06 (SMP Negeri 1 Kradenan) dikarenakan SMP Negeri 1 Purwodadi sudah berstatus RSBI dan telah memunculkan Klas Immersi Bilingual. Sedangkan SMP Negeri 1 Kradenan baru berada dalam tahap SSN dan belum memiliki klas Immersi bilingual.
2. SMP Negeri 1 Purwodadi relatif cukup terjangkau untuk dijadikan tujuan program study visit MGMP Bahasa Inggris 06 yang bersekolah inti di SMP Negeri 1 Kradenan ( sekitar 35 km perjalanan ke arah barat ) sehingga cukup ekonomis dalam pembiayaan transportasi, efisien dalam penyediaan waktu sharing dan efektif dalam penyesuaian perbaikan yang akan dilakukan Sekolah kami karena berada dalam kondisi lokasi yang relatif tidak terlalu jauh berbeda .
when mengambarkan waktu pelaksanaan,
Kegiatan Study Visit MGMP Bahasa Inggris 06 yang bersekolah inti di SMP Negeri 1 Kradenan ke SMP Negeri 1 Purwodadi dilaksanakan setelah kami menyelesaikan 16 pertemuan yang telah ditetapkan yaitu pada hari Selasa tanggal 18 Januari 2011.
who menggambarkan peserta, nara sumber/fasilitator/instruktur/ pendamping (bila ada),
Kegiatan Study Visit MGMP Bahasa Inggris 06 yang bersekolah inti di SMP Negeri 1 Kradenan ke SMP Negeri 1 Purwodadi pada hari Selasa tanggal 18 Januari 2011 melibatkan seluruh guru peserta dari MGMP Bahasa Inggris 06 dan perwakilan guru dari SMP Negeri 1 Purwodadi.
how menggambarkan strategi dan metode pelaksanaan kegiatan, keterlibatan peserta dalam kegiatan study visit, sumber dana, dan sistem dokumentasi kegiatan/pelaporan, hasil study visit, kendala dan upaya pemecahannya.
Kegiatan Study Visit yang melibatkan seluruh peserta MGMP Bahasa Inggris 06 ini dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan kenyataan yang ada. Sejumlah observasi pengamatan dalam mengisi instrumen, penyusunan dokumentasi kegiatan, sharing antar peserta Sekolah, pengarahan dari masing-masing guru pemandu dan DCT dan sejumlah kegiatan lain dilaksanakan.
A. Pelaksanaan
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan Study Visit MGMP Bahasa Inggris 06 Kabupaten Grobogan yang bersekolah inti di SMP Negeri 1 Kradenan berlangsung pada tanggal 18 Januari 2011 ke SMP Negeri 1 Purwodadi yang memiliki keunggulan pada pemberdayaan fasilitas media ICT dan PKBM Kelas Immersi Bilingual. Dilaksanakan oleh seluruh peserta MGMP Bahasa Inggris 06 Kabupaten Grobogan.
Peserta
Peserta yang mengikuti kegiatan study visit ini sejumlah 22 orang termasuk guru pemandu. Berikut ini nama-nama peserta MGMP Bahasa Inggris 06 Kabupaten Grobogan:
NO NAMA JABATAN DALAM DINAS JABATAN DALAM KEGIATAN
1 SRI HARTINI, S. Pd. Guru SMP N 2 Kradenan Pemandu
2 SISWANTO, S. Pd. MM. Guru SMP N 2 Gabus Pemandu
3 SUROSO, S. Pd. Guru SMP N 2 Pulokulon Pemandu
4 NURHADI, S. Pd. Guru SMP N 3 Kradenan Peserta
5 KUSTIATI, S. Pd. Guru SMP N 1 Kradenan Peserta
6 HARTONO, S. Pd. Guru SMP N 3 Pulokulon Peserta
7 PONIYA, S. Pd. Guru SMP N 1 Gabus Peserta
8 PADA, S. Pd. Guru SMP N 2 Kradenan Peserta
9 WARSAN, S. Pd. Guru SMP N 2 Kradenan Peserta
10 MUJIANTO, S. Pd. Guru SMP N 1 Gabus Peserta
11 SUPARMI, S. Pd. Guru SMP N 1 Gabus Peserta
12 JATI LASTUTI, S. Pd. Guru SMP N 1 Gabus Peserta
13 HENI KUSRINI, S. Pd. Guru SMP N 3 Kradenan Peserta
14 SUNARTO, M. Pd. Guru SMP N 1 Pulokulon Peserta
15 BUDIMAN, S. Pd. Guru SMP N 1 Pulokulon Peserta
16 INDAH MURWATININGSIH, S.Pd. Guru SMP N 1 Kradenan Peserta
17 ENDAH WIJAYANTI, S. Pd. Guru SMP N 1 Kradenan Peserta
18 FLORENTIN HASTHAWATI, S.Pd. Guru SMP N 1 Kradenan Peserta
19 TITI SARI, S. Pd. Guru SMP N 4 Gabus Peserta
20 CAHYONO, S. Pd. Guru SMP N 3 Gabus Peserta
21 RINA SETYAWATI, S. Pd. Guru SMP N 2 Pulokulon Peserta
22 ABDULLAH, S. Pd. Guru SMP N 1 Pulokulon Peserta
23 PUJIATI, S. Pd. Guru SMP N 2 Pulokulon Peserta
24 WIDAGDO, S. Pd. Guru SMP N 4 Pulokulon Peserta
25 SUSILOWATI, S. Pd. Guru SMP N 2 Kradenan Peserta
B. Hasil
Kegiatan Study Visit MGMP Bahasa Inggris 06 dilaksanakan sebagaimana jadwal kegiatan berikut ini:
Waktu Kegiatan Peserta Alat/Bahan Hasil yang diharapkan
18 Januari 2011
08.00-10.30 Studi visit ke SMP Negeri 1 Purwodadi
07.00-07.45 Perjalanan menuju ke lokasi studi visit
08.00-08.30 Penerimaan, penjelasan, dan tanya jawab mengenai keberhasilan implementasi PAIKEM dalam pembelajaran di SMP Negeri 1 Purwodadi oleh Kepala Sekolah Diutamakan untuk kelompok pengelola MGMP ATK/Alat presentasi Info: faktor keberhasilan; faktor penghambat dan cara mengatasinya; bentuk dan sumber dukungan, cara dan tips mengelola sumber daya untuk mendukung implementasi pembelajaran PAIKEM, contoh RPP PAIKEM (jika memungkinkan diperoleh sebelum kunjungan agar bisa dipelajari sehingga diskusi dan wawancara bisa lebih mendalam
08.30-09.00 Mempelajari/mendiskusikan RPP yang akan digunakan di kelas Diutamakan untuk guru ATK; IPKG1 IPKG1 yang sudah diisi; identifikasi ciri-ciri PAIKEM dalam RPP
09.00-10.00 Pengamatan pembelajaran di kelas ATK/alat rekam; IPKG2 IPKG2 yang sudah diisi; identifikasi ciri-ciri PAIKEM dalam pembelajaran
10.00-10.30 Wawancara dengan guru yang diamati mengenai pembelajaran yang dilakukan ATK/alat rekam; panduan wawancara Faktor pendukung dan penghambat dan cara menyelesaikannya; bentuk dan sumber dukungan; cara dan tips mengelola pembelajaran PAIKEM
10.30 Penutupan
Di Ruang Pertemuan SMP Negeri 1 Purwodadi kami mengikuti acara sambutan, penjelasan, dan tanya jawab mengenai keberhasilan implementasi PAIKEM dalam pembelajaran di SMP Negeri 1 Purwodadi oleh Kepala Sekolah, mempelajari/mendiskusikan RPP yang akan digunakan di kelas dilanjutkan kegiatan pengamatan/observasi pembelajaran di kelas yang terbagi ke dalam 3 kelompok, masing-masing mengobservasi pembelajaran kelas 7, 8 dan 9.
C. Tindak Lanjut
Melalui kegiatan study visit tersebut kami para guru peserta dari MGMP Bahasa Inggris 06 banyak sekali mendapatkan masukan yang sangat bermanfaaat untuk kami jadikan pengetahuan dan pengalaman yang kelak akan kami terapkan untuk kebaikan dan kemajuan bagi sekolah unit kerja kami masing-masing. Secara rinci seperti terlihat berikut ini:
Nama: Hartono, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Nurhadi, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Cahyono, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih mengkontruksi RPP yang berorientasi pada PKBM yang menarik,dan menyenangkan, serta menggunakan media berbasis TIK
Mampu menyusun RPP berorientasi PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis TIK Mampu menggunakan media berbasis TIK dalam melaksanakan PKBM Laptop/komputer; LCD projector, game flash,software game yang bersifat edukatif (cooking academy dll) Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Siswanto, S.Pd., M.M
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Pada, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Susilowati, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Heni Kusrini, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Warsan, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Sri Hartini, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Titi Sari, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Widagdo Sanuantoro, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Jati Lastuti, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Poniya, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Suparmi, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Mujianto, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Endah Wijayanti, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Florentin H, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Indah M, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Kustiati, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Sunarto, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Budiman, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Abdullah, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Suroso, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
BAB III. PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan pelaksanaan, pengamatan dan pengalaman pada kegiatan study visit di SMP Negeri 1 Purwodadi kami para guru peserta dari MGMP Bahasa Inggris 06 menyimpulkan sebagai berikut :
1. Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT di SMP Negeri 1 Purwodadi ternyata sangat efisien dan merupakan kiat taktis dan efetif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini tampaknya akan menjadi solusi alternatif pilihan bagi kami untuk kemudian mencoba menerapkannya di Sekolah kami.
2. Pengadaan klas immersi bilingual di SMP Negeri 1 Purwodadi merupakan langkah kebijakan yang sangat baik untuk juga dipertimbangkan bagi setiap sekolah meski di sekolah pelosok sekalipun. Hal ini akan membuat pembiasaan penggunaan dan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris secara komunikatif baik bagi para siswa maupun guru .
3. Kegiatan study visit merupakan kegiatan yang sangat baik dan perlu untuk dilaksanakan pada setiap sekolah. Hal ini bukan saja mempererat kebersamaan dengan sekolah lain namun juga mampu meningkatkan wawasan pengetahuan dan semangat perbaikan bagi kemajuan para guru peserta yang terlibat di dalamnya.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas kami merasa perlu untuk menyarankan kepada Sekolah lain yang belum melaksanakan study visit untuk juga melaksanakannya demi kebaikan dan kemajuan bersama.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Foto kegiatan
Dokumen yang diperoleh
Foto Kegiatan Study Visit MGMP Bahasa Inggris 06
Ke SMP Negeri 1 Purwodadi


Kegiatan Penerimaan, Penjelasan dan Sambutan dari Kepala SMPN 1 Purwodadi
Kegiatan Penerimaan, Penjelasan, Tanya Jawab
Kegiatan Pembelajaran di Kelas 7
Dokumen yang diperoleh
No Nama File Keterangan
1 Profil SMP Negeri 1 Purwodadi Gambaran Singkat SMP Negeri 1 Purwodadi
2 Contoh Lesson Plan Kelas yang diobservasi RPP berbasis IT
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. 2009. Bahan Belajar Mandiri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) . Jakarta : Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Depdiknas. 2009. Bahan Belajar Mandiri bagi Guru Bahasa Inggris SMP. Jakarta : Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Depdiknas. 2009. Bahan Belajar Mandiri bagi KKKS/MKKS dan KKPS/MKPS: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Depdiknas. 2009. Kajian Kritis. Jakarta : Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Depdiknas. 2009. Lesson Study. Jakarta : Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Darhim,Dr.Msi. 2009. Modul Study Visit. Jakarta : Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Sugiyanto,Drs. M.Si. 2008. Model-model pembelajaran inovatif. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.
DINAS PENDIDIKAN
MGMP BAHASA INGGRIS 06
Alamat Sekretariat: SMPN 1 Kradenan – Kabupaten GROBOGAN
LAPORAN STUDY VISIT
PROGRAM BERMUTU
MGMP BAHASA INGGRIS 06
KABUPATEN GROBOGAN
PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN GROBOGAN
2010
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN STUDY VISIT
MGMP BAHASA INGGRIS 06
KABUPATEN GROBOGAN
Grobogan, Januari 2010
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 1 Kradenan
Kabupaten GROBOGAN Ketua MGMP Bahasa Inggris 06
Kab. GROBOGAN
Drs. Tjahyono Budiyanto, M.Pd Siswanto, S.Pd., M.M.
NIP.19621206 198803 1 004 NIP. 19680828 199203 1 007
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten GROBOGAN
H.SUGIYANTO, SH,M.M
NIP. 19610112 1987011 1 003
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang maha Esa karena atas rahmat dan hidayah-Nya Laporan Study Visit Peserta Kegiatan Pemberdayaan Program Bermutu yang diselenggarakan pada MGMP BAHASA INGGRIS 06 GROBOGAN akhirnya dapat diselesaikan untuk memenuhi tagihan Program Bermutu sebagaimana yang telah ditetapkan dan disepakati bersama.
Walaupun pada awalnya banyak sekali hambatan dan kesulitan dalam menyelesaikan Laporan ini, namun berkat bantuan dan panduan dari berbagai pihak akhirnya kendala yang timbul dapat teratasi. Untuk itu atas segala bentuk bantuan dan panduan tersebut kami mengucapkan terima kasih kepada :
1. H. Sugiyanto,SH,M.M. selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan.
2. Drs. Djauhari, M.M. selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Purwodadi yang menjadi sekolah tujuan untuk kegiatan study visit.
3. Drs. Tjahyono Budiyanto, M.Pd. selaku Kepala SMP Negeri 1 Kradenan, sekolah inti kegiatan MGMP Matematika 06 Kabupaten Grobogan.
4. Teman-teman peserta MGMP Bahasa Inggris 06 dalam kegiatan BERMUTU yang telah memberikan masukan dan saran dalam penyusunan laporan kegiatan studi visit ini.
5. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang secara langsung maupun tidak langsung telah membantu kelancaran penyusunan laporan.
Akhir kata walaupun disadari bahwa dalam penulisan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan dikarenakan pastilah terdapat kekurangan yang perlu dilengkapi dan bahkan mungkin juga terdapat kesalahan yang harus diperbaiki, namun semoga karya ini cukup bermanfaat bagi kita semua dalam memberdayakan pendidikan di Indonesia. Kritik perbaikan dan saran pemberdayaan sangat kami harapkan.
Grobogan, 4 Januari 2011
MGMP Bahasa Inggris 06 Grobogan
DAFTAR ISI
Halaman Sampul ....................................................................................... 1
Halaman Pengesahan ............................................................................... 2
Kata Pengantar ......................................................................................... 3
Daftar Isi .................................................................................................... 4
BAB I PENDAHULUAN..........................................................................
A Rasional...............................................................................................
B Tujuan..................................................................................................
C Sasaran.................................................................................................
D Materi...................................................................................................
E Output...................................................................................................
BAB II. PELAKSANAAN DAN HASIL.................................................
A Pelaksanaan .........................................................................................
1. Waktu Pelaksanaan (visitasi ke MGMP atau SMP)
2. Nama MGMP, Nama Sekolah, Mata Pelajaran (untuk MGMP), Guru yang melaksanakan, dan Tim Pemantau (sebaiknya dibuat dalam bentuk tabel).
B Hasil (uraian pelaksanaan visitasi ke MGMP dan ke SMP) ...............
C Tindak Lanjut (merupakan pembahasan lebih jauh dan pemanfaatan hasil temuan visitasi). .........................................................................
BAB III. PENUTUP..................................................................................................
A Kesimpulan...........................................................................................
B Saran....................................................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN.......................................................................
Foto kegiatan
Dokumen yang diperoleh
Jadwal study visit
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................
BAB I. PENDAHULUAN
A. Rasional
Pelaksanaan program BERMUTU di semua MGMP yang diberi Dana Bantuan Langsung (DBL) diharapkan dapat terwujud dengan kualitas tidak terjadi perbedaan yang berarti. Bila kualitas pelaksanaan program tidak sesuai harapan terjadi di suatu MGMP pada kurun waktu tertentu, diharapkan dapat diperbaiki. Oleh karena itu, MGMP harus memperoleh gambaran keterlaksanaan program BERMUTU di MGMP lain yang menerima DBL. Di samping itu, MGMP harus mendapat gambaran yang nyata tentang implementasi hasil kegiatan MGMP di sekolah yang guru-gurunya tergabung di MGMP yang bersangkutan.
Berdasarkan ketentuan tersebut diatas MGMP Bahasa Inggris 06 Kabupaten Grobogan merasa perlu untuk melakukan study banding ke MGMP lain yang diperkirakan lebih baik. Melalui gambaran pelaksanaan kegiatan MGMP yang bersangkutan (keberhasilan dan hambatan atau permasalahan yang dihadapi) dalam rangka memperbaiki keterlaksanaan program di MGMP tersebut kami berharap akan dapat belajar untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja MGMP Bahasa Inggris 06 Kabupaten Grobogan.
B. Tujuan
Tujuan study visit terkait dengan kegiatan di MGMP dan dalam rangka menggali informasi secara langsung antara lain sebagai berikut :
1. Untuk memperoleh gambaran tentang hasil pelaksanaan program BERMUTU di MGMP lain yang diperkirakan lebih baik.
2. Untuk memperoleh gambaran tentang implementasi hasil kegiatan MGMP tersebut di sekolah.
C. Sasaran
Berdasarkan ketentuan disebutkan bahwa peserta study visit menetapkan sasaran yang akan dikunjungi dalam kegiatannya. Paling tidak ada dua sasaran yaitu:
(1) MGMP yang mendapatkan DBL dan diprediksi memiliki kinerja lebih baik;
(2) Sekolah unggul berkategori SSN/RSBI/SBI dan bergabung dengan MGMP yang telah dikunjungi pada nomor (1).
Pada kesempatan lain sasaran study visit dapat dilakukan ke tempat-tempat penting atau bersejarah yang bermanfaat bagi perbaikan kinerja guru melalui kegiatan MGMP.
YANG MELAKUKAN KUNJUNGAN (VISITASI) SASARAN KETERANGAN
KKG 1. KKG Yang mendapatkan DBL dan diprediksi lebih baik.
2. Sekolah SD unggul berkategori SSN/RSBI/SBI dan bergabung dengan KKG yang telah divisitasi (nomor 1).
MGMP 1. MGMP Yang mendapatkan DBL dan diprediksi lebih baik.
2. Sekolah SMP unggul berkategori SSN/RSBI/SBI dan bergabung dengan MGMP yang telah dikunjungi (nomor 1).
Berdasarkan ketentuan tersebut di atas MGMP Bahasa Inggris 06 Kabupaten Grobogan yang bersekolah inti di SMP Negeri 1 Kradenan menetapkan sasaran Kunjungan Visit pada SMP Negeri 1 Purwodadi dengan sejumlah pertimbangan bahwa sekolah tersebut dipandang lebih baik dalam ketersediaan sarana prasarana, proses pelaksanaan program dan implementasi hasil kegiatannya disekolah.
D. Materi
Materi ini mengungkap informasi pada semua aktivitas dalam pelaksanaan study visit ke sekolah mencakup :
a. Hasil Pelaksanaan program BERMUTU di MGMP.
b. Implementasi hasil kegiatan MGMP.
E. Output
Output dijabarkan sesuai tujuan study visit yang dapat dijadikan indikator pelaksanaan study visit sebagai berikut :
a. Memperoleh gambaran tentang hasil pelaksanaan program BERMUTU di MGMP lain, sebagai bahan perbandingan dan perbaikan pelaksanaan program BERMUTU di MGMP yang bersangkutan.
b. Memperoleh gambaran tentang implementasi hasil kegiatan MGMP di sekolah, sebagai bahan perbandingan dan perbaikan implementasi hasil kegiatan MGMP di sekolah-sekolah yang tergabung di MGMP yang bersangkutan.
BAB II. PELAKSANAAN DAN HASIL
Dalam bab ini kami utarakan sejumlah hal yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan study visit yang meliputi 5W + 1H (what, where, when, why, who, and how).
what menggambarkan nama kegiatan yang dilakukan,
Kegiatan Study Visit merupakan kegiatan studi banding ke sekolah lain yang diperkirakan lebih baik. Melalui gambaran pelaksanaan kegiatan MGMP oleh sekolah yang bersangkutan (keberhasilan dan hambatan atau permasalahan yang dihadapi) dalam rangka memperbaiki keterlaksanaan program di MGMP tersebut kami berharap akan dapat belajar untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja MGMP Bahasa Inggris 06 Kabupaten Grobogan.
where menggambarkan tempat pelaksanaan kegiatan,
Berdasarkan sejumlah konsideran alasan pertimbangan sesuai dengan kenyataan yang nyata dihadapi dan ketentuan yang harus dipenuhi maka kemudian MGMP Bahasa Inggris 06 yang bersekolah inti di SMP Negeri 1 Kradenan menetapkan SMP Negeri 1 Purwodadi sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Study Visit. Sejumlah faktor yang mengakibatkan dan kemudian menguatkan keputusan tersebut antara lain sebagai berikut :
1. SMP Negeri 1 Purwodadi kami pandang lebih unggul daripada sekolah-sekolah peserta MGMP Bahasa Inggris 06 yang bersekolah inti di SMP Negeri 1 Kradenan dikarenakan sejumlah hal sebagai berikut :
a. Fasilitas Pembelajaran ICT SMP Negeri 1 Purwodadi lebih unggul dan modern dibanding sekolah-sekolah peserta MGMP Bahasa Inggris 06 yang kebanyakan belum memiliki LCD projector ataupun jaringan internet.
b. SMP Negeri 1 Purwodadi kami pandang lebih unggul daripada sekolah inti MGMP Bahasa Inggris 06 (SMP Negeri 1 Kradenan) dikarenakan SMP Negeri 1 Purwodadi sudah berstatus RSBI dan telah memunculkan Klas Immersi Bilingual. Sedangkan SMP Negeri 1 Kradenan baru berada dalam tahap SSN dan belum memiliki klas Immersi bilingual.
2. SMP Negeri 1 Purwodadi relatif cukup terjangkau untuk dijadikan tujuan program study visit MGMP Bahasa Inggris 06 yang bersekolah inti di SMP Negeri 1 Kradenan ( sekitar 35 km perjalanan ke arah barat ) sehingga cukup ekonomis dalam pembiayaan transportasi, efisien dalam penyediaan waktu sharing dan efektif dalam penyesuaian perbaikan yang akan dilakukan Sekolah kami karena berada dalam kondisi lokasi yang relatif tidak terlalu jauh berbeda .
when mengambarkan waktu pelaksanaan,
Kegiatan Study Visit MGMP Bahasa Inggris 06 yang bersekolah inti di SMP Negeri 1 Kradenan ke SMP Negeri 1 Purwodadi dilaksanakan setelah kami menyelesaikan 16 pertemuan yang telah ditetapkan yaitu pada hari Selasa tanggal 18 Januari 2011.
who menggambarkan peserta, nara sumber/fasilitator/instruktur/ pendamping (bila ada),
Kegiatan Study Visit MGMP Bahasa Inggris 06 yang bersekolah inti di SMP Negeri 1 Kradenan ke SMP Negeri 1 Purwodadi pada hari Selasa tanggal 18 Januari 2011 melibatkan seluruh guru peserta dari MGMP Bahasa Inggris 06 dan perwakilan guru dari SMP Negeri 1 Purwodadi.
how menggambarkan strategi dan metode pelaksanaan kegiatan, keterlibatan peserta dalam kegiatan study visit, sumber dana, dan sistem dokumentasi kegiatan/pelaporan, hasil study visit, kendala dan upaya pemecahannya.
Kegiatan Study Visit yang melibatkan seluruh peserta MGMP Bahasa Inggris 06 ini dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan kenyataan yang ada. Sejumlah observasi pengamatan dalam mengisi instrumen, penyusunan dokumentasi kegiatan, sharing antar peserta Sekolah, pengarahan dari masing-masing guru pemandu dan DCT dan sejumlah kegiatan lain dilaksanakan.
A. Pelaksanaan
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan Study Visit MGMP Bahasa Inggris 06 Kabupaten Grobogan yang bersekolah inti di SMP Negeri 1 Kradenan berlangsung pada tanggal 18 Januari 2011 ke SMP Negeri 1 Purwodadi yang memiliki keunggulan pada pemberdayaan fasilitas media ICT dan PKBM Kelas Immersi Bilingual. Dilaksanakan oleh seluruh peserta MGMP Bahasa Inggris 06 Kabupaten Grobogan.
Peserta
Peserta yang mengikuti kegiatan study visit ini sejumlah 22 orang termasuk guru pemandu. Berikut ini nama-nama peserta MGMP Bahasa Inggris 06 Kabupaten Grobogan:
NO NAMA JABATAN DALAM DINAS JABATAN DALAM KEGIATAN
1 SRI HARTINI, S. Pd. Guru SMP N 2 Kradenan Pemandu
2 SISWANTO, S. Pd. MM. Guru SMP N 2 Gabus Pemandu
3 SUROSO, S. Pd. Guru SMP N 2 Pulokulon Pemandu
4 NURHADI, S. Pd. Guru SMP N 3 Kradenan Peserta
5 KUSTIATI, S. Pd. Guru SMP N 1 Kradenan Peserta
6 HARTONO, S. Pd. Guru SMP N 3 Pulokulon Peserta
7 PONIYA, S. Pd. Guru SMP N 1 Gabus Peserta
8 PADA, S. Pd. Guru SMP N 2 Kradenan Peserta
9 WARSAN, S. Pd. Guru SMP N 2 Kradenan Peserta
10 MUJIANTO, S. Pd. Guru SMP N 1 Gabus Peserta
11 SUPARMI, S. Pd. Guru SMP N 1 Gabus Peserta
12 JATI LASTUTI, S. Pd. Guru SMP N 1 Gabus Peserta
13 HENI KUSRINI, S. Pd. Guru SMP N 3 Kradenan Peserta
14 SUNARTO, M. Pd. Guru SMP N 1 Pulokulon Peserta
15 BUDIMAN, S. Pd. Guru SMP N 1 Pulokulon Peserta
16 INDAH MURWATININGSIH, S.Pd. Guru SMP N 1 Kradenan Peserta
17 ENDAH WIJAYANTI, S. Pd. Guru SMP N 1 Kradenan Peserta
18 FLORENTIN HASTHAWATI, S.Pd. Guru SMP N 1 Kradenan Peserta
19 TITI SARI, S. Pd. Guru SMP N 4 Gabus Peserta
20 CAHYONO, S. Pd. Guru SMP N 3 Gabus Peserta
21 RINA SETYAWATI, S. Pd. Guru SMP N 2 Pulokulon Peserta
22 ABDULLAH, S. Pd. Guru SMP N 1 Pulokulon Peserta
23 PUJIATI, S. Pd. Guru SMP N 2 Pulokulon Peserta
24 WIDAGDO, S. Pd. Guru SMP N 4 Pulokulon Peserta
25 SUSILOWATI, S. Pd. Guru SMP N 2 Kradenan Peserta
B. Hasil
Kegiatan Study Visit MGMP Bahasa Inggris 06 dilaksanakan sebagaimana jadwal kegiatan berikut ini:
Waktu Kegiatan Peserta Alat/Bahan Hasil yang diharapkan
18 Januari 2011
08.00-10.30 Studi visit ke SMP Negeri 1 Purwodadi
07.00-07.45 Perjalanan menuju ke lokasi studi visit
08.00-08.30 Penerimaan, penjelasan, dan tanya jawab mengenai keberhasilan implementasi PAIKEM dalam pembelajaran di SMP Negeri 1 Purwodadi oleh Kepala Sekolah Diutamakan untuk kelompok pengelola MGMP ATK/Alat presentasi Info: faktor keberhasilan; faktor penghambat dan cara mengatasinya; bentuk dan sumber dukungan, cara dan tips mengelola sumber daya untuk mendukung implementasi pembelajaran PAIKEM, contoh RPP PAIKEM (jika memungkinkan diperoleh sebelum kunjungan agar bisa dipelajari sehingga diskusi dan wawancara bisa lebih mendalam
08.30-09.00 Mempelajari/mendiskusikan RPP yang akan digunakan di kelas Diutamakan untuk guru ATK; IPKG1 IPKG1 yang sudah diisi; identifikasi ciri-ciri PAIKEM dalam RPP
09.00-10.00 Pengamatan pembelajaran di kelas ATK/alat rekam; IPKG2 IPKG2 yang sudah diisi; identifikasi ciri-ciri PAIKEM dalam pembelajaran
10.00-10.30 Wawancara dengan guru yang diamati mengenai pembelajaran yang dilakukan ATK/alat rekam; panduan wawancara Faktor pendukung dan penghambat dan cara menyelesaikannya; bentuk dan sumber dukungan; cara dan tips mengelola pembelajaran PAIKEM
10.30 Penutupan
Di Ruang Pertemuan SMP Negeri 1 Purwodadi kami mengikuti acara sambutan, penjelasan, dan tanya jawab mengenai keberhasilan implementasi PAIKEM dalam pembelajaran di SMP Negeri 1 Purwodadi oleh Kepala Sekolah, mempelajari/mendiskusikan RPP yang akan digunakan di kelas dilanjutkan kegiatan pengamatan/observasi pembelajaran di kelas yang terbagi ke dalam 3 kelompok, masing-masing mengobservasi pembelajaran kelas 7, 8 dan 9.
C. Tindak Lanjut
Melalui kegiatan study visit tersebut kami para guru peserta dari MGMP Bahasa Inggris 06 banyak sekali mendapatkan masukan yang sangat bermanfaaat untuk kami jadikan pengetahuan dan pengalaman yang kelak akan kami terapkan untuk kebaikan dan kemajuan bagi sekolah unit kerja kami masing-masing. Secara rinci seperti terlihat berikut ini:
Nama: Hartono, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Nurhadi, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Cahyono, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih mengkontruksi RPP yang berorientasi pada PKBM yang menarik,dan menyenangkan, serta menggunakan media berbasis TIK
Mampu menyusun RPP berorientasi PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis TIK Mampu menggunakan media berbasis TIK dalam melaksanakan PKBM Laptop/komputer; LCD projector, game flash,software game yang bersifat edukatif (cooking academy dll) Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Siswanto, S.Pd., M.M
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Pada, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Susilowati, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Heni Kusrini, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Warsan, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Sri Hartini, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Titi Sari, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Widagdo Sanuantoro, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Jati Lastuti, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Poniya, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Suparmi, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Mujianto, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Endah Wijayanti, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Florentin H, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Indah M, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Kustiati, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Sunarto, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Budiman, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Abdullah, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
Nama: Suroso, S.Pd.
Kegiatan Tujuan Alat/Bahan Pelaksana Tagihan
Berlatih menyusun RPP berbasis PAIKEM menggunakan media berbasis ICT Terampil menyusun RPP berbasis PAIKEM KTSP dokumen 2 Guru peserta MGMP RPP, IPKG1
Melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Terampil melaksanakan PKBM menggunakan media berbasis ICT Laptop/komputer; LCD projector Guru peserta MGMP IPKG2
BAB III. PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan pelaksanaan, pengamatan dan pengalaman pada kegiatan study visit di SMP Negeri 1 Purwodadi kami para guru peserta dari MGMP Bahasa Inggris 06 menyimpulkan sebagai berikut :
1. Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT di SMP Negeri 1 Purwodadi ternyata sangat efisien dan merupakan kiat taktis dan efetif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini tampaknya akan menjadi solusi alternatif pilihan bagi kami untuk kemudian mencoba menerapkannya di Sekolah kami.
2. Pengadaan klas immersi bilingual di SMP Negeri 1 Purwodadi merupakan langkah kebijakan yang sangat baik untuk juga dipertimbangkan bagi setiap sekolah meski di sekolah pelosok sekalipun. Hal ini akan membuat pembiasaan penggunaan dan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris secara komunikatif baik bagi para siswa maupun guru .
3. Kegiatan study visit merupakan kegiatan yang sangat baik dan perlu untuk dilaksanakan pada setiap sekolah. Hal ini bukan saja mempererat kebersamaan dengan sekolah lain namun juga mampu meningkatkan wawasan pengetahuan dan semangat perbaikan bagi kemajuan para guru peserta yang terlibat di dalamnya.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas kami merasa perlu untuk menyarankan kepada Sekolah lain yang belum melaksanakan study visit untuk juga melaksanakannya demi kebaikan dan kemajuan bersama.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Foto kegiatan
Dokumen yang diperoleh
Foto Kegiatan Study Visit MGMP Bahasa Inggris 06
Ke SMP Negeri 1 Purwodadi
Kegiatan Penerimaan, Penjelasan dan Sambutan dari Kepala SMPN 1 Purwodadi
Dokumen yang diperoleh
No Nama File Keterangan
1 Profil SMP Negeri 1 Purwodadi Gambaran Singkat SMP Negeri 1 Purwodadi
2 Contoh Lesson Plan Kelas yang diobservasi RPP berbasis IT
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. 2009. Bahan Belajar Mandiri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) . Jakarta : Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Depdiknas. 2009. Bahan Belajar Mandiri bagi Guru Bahasa Inggris SMP. Jakarta : Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Depdiknas. 2009. Bahan Belajar Mandiri bagi KKKS/MKKS dan KKPS/MKPS: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Depdiknas. 2009. Kajian Kritis. Jakarta : Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Depdiknas. 2009. Lesson Study. Jakarta : Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Darhim,Dr.Msi. 2009. Modul Study Visit. Jakarta : Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Sugiyanto,Drs. M.Si. 2008. Model-model pembelajaran inovatif. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.
Tuesday, November 16, 2010
LAPORAN DIKLAT
LAPORAN KEGIATAN
PELATIHAN GURU PEMANDU
MGMP BAHASA INGGRIS PROGRAM BERMUTU
(Better Education Through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading )
Di Hotel Indah Palace Solo
Tanggal 1 s/d 9 Nopember 2010
Disusun oleh
Guru Pemandu MGMP BERMUTU Bahasa Inggris Kelompok Kerja 06 Grobogan
Hartono, S.Pd.
SMP Negeri 3 Pulokulon Grobogan
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDRAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN JAWA TENGAH
2010
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan : Diklat Guru Pemandu MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten
Mitra Program BERMUTU Propinsi Jawa Tengah Tahap kedua
Tahun 2010.
Tingkat : Propinsi Jawa Tengah.
Unit Kerja : SMP Negeri 3 Pulokulon
Tempat Pelatihan : Hotel Indah Palace Solo
Waktu Pelaksanaan : 1 – 9 Nopember 2010
Nama : Hartono,S.Pd
NIP : 19750417 200604 1 005
Unit Kerja : SMP Negeri 3 Pulokulon
Grobogan, 19 Agustus 2010
A.n. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan
Kabid. PMPTK
Bambang Margono,S.Pd,M.M NIP. 19590424 198012 1 003
KATA PENGANTAR
Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa kami telah selesai mengikuti kegiatan pelatihan atau diklat (ToT) Guru Pemandu MGMP mapel Bahasa Inggris Program Bermutu yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah dari tanggal 01 sampai dengan tanggal 09 Nopember 2010 di Hotel Indah Palace, Solo, Jawa Tengah.
Kegiatan pelatihan atau diklat (ToT) Guru Pemandu MGMP mapel Bahasa Inggris Program Bermutu ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu proses pembelajaran melalui MGMP di kelompok kerja. Guru pemandu merupakan tim yang berada di kelompok kerja MGMP yang akan memfasilitasi MGMP kelompok kerja masing-masing.
Untuk melengkapi tugas, bersama ini kami sampaikan laporan singkat tentang kegiatan tersebut. Laporan ini tersusun berkat bimbingan dan bantuan dari beberapa pihak, untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada :
1. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan , Kepala SMP Negeri 3 Pulokulon yang telah memberi tugas untuk mengikuti Pelatihan Guru Pemandu MGMP Bahasa Inggris Program BERMUTU yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP ) Jawa Tengah.
2. Kepala LPMP Jawa Tengah dan Staf yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengikuti kegiatan pelatihan.
3. Widyaiswara dan fasilitator yang telah membimbing dan memberikan bekal ilmu yang bermanfaat.
4. Segenap panitia yang telah membantu menyediakan sarana selama kegiatan.
5. Seluruh anggota MGMP kelompok kerja 06 yang telah mempercayakan kepada kami untuk mengikuti pelatihan atau diklat (ToT) Guru Pemandu MGMP Program Bermutu.
Kami menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu saran dan kritik yang bersifat membangun sangat kami harapkan guna penyempurnaan di masa datang.
Grobogan, 19 Agustus 2010
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Lembar Pengesahan………………………………………………………………………. i
Kata Pengantar……………………………………………………………………………. ii
Daftar isi………………………………………………………………………………….. iii
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………….. 1
A. Latar Belakang……………………………………………………… 1
B. Dasar………………………………………………………………... 1
C. Tujuan………………………………………………………………. 2
D. Hasil Yang Diharapkan…………………………………………….. 2
E. Peserta, Tempat dan Waktu………………………………………… 2
F. Nara Sumber/Penyaji……………………………………………….. 3
G. Dana………………………………………………………………… 3
BAB II PELAKSANAAN………………………………………………………. 4
A. Kegiatan Pra Akademis…………………………………………….. 4
B. Struktur Program…………………………………………………… 4
C. Metode…………………………………………………………....... 4
D. Kegiatan Pasca Akademis………………………………………….. 5
E. Evaluasi…………………………………………………………….. 5
BAB III TATA TERTIB…………………………………………………………. 6
A. Tata Tertib………………………………………………………….. 6
B. Kewajiban Peserta………………………………………………….. 7
C. Hak Peserta…………………………………………………………. 8
D. Jadwal Makan………………………………………………………. 8
E. Informasi Lain……………………………………………………… 8
BAB IV RANGKUMAN DAN RENCANA TINDAK LANJUT BERMUTU … 9
A. Pengertian DBL …….……………………………………………... 9
B. Tujuan……………………………………………………………… 9
C. Hasil Yang Diharapkan……………………………………………. 10
D. Indikator Keberhasilan Program…………………………………... 10
E. Manfaat …………………………………………………………. 12
F. Dampak ………………………………………………………… 12
G. Kegiatan MGMP …………………………………………………. 16
H. Hasil Kegiatan MGMP…………………………………………… 16
I. Rencana Tindak Lanjut ( RTL ) ……………………………………... 17
BAB IV PENUTUP ……………………………………………………………… 18
A. Kesimpulan…………………………………………………………. 18
B. Saran………………………………………………………………… 18
Lampiran :
1. Daftar Nara Sumber
2. Daftar Panitia
3. Daftar Struktur Program
4. Jadwal Pelatihan
5. Daftar Peserta
6. Foto copy STTPL
7. Foto copy Surat Tugas
PELATIHAN GURU PEMANDU
MGMP BAHASA INGGRIS PROGRAM BERMUTU
(Better Education Through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading )
Di Hotel Indah Palace Solo
Tanggal 1 s/d 9 Nopember 2010
Disusun oleh
Guru Pemandu MGMP BERMUTU Bahasa Inggris Kelompok Kerja 06 Grobogan
Hartono, S.Pd.
SMP Negeri 3 Pulokulon Grobogan
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDRAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN JAWA TENGAH
2010
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan : Diklat Guru Pemandu MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten
Mitra Program BERMUTU Propinsi Jawa Tengah Tahap kedua
Tahun 2010.
Tingkat : Propinsi Jawa Tengah.
Unit Kerja : SMP Negeri 3 Pulokulon
Tempat Pelatihan : Hotel Indah Palace Solo
Waktu Pelaksanaan : 1 – 9 Nopember 2010
Nama : Hartono,S.Pd
NIP : 19750417 200604 1 005
Unit Kerja : SMP Negeri 3 Pulokulon
Grobogan, 19 Agustus 2010
A.n. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan
Kabid. PMPTK
Bambang Margono,S.Pd,M.M NIP. 19590424 198012 1 003
KATA PENGANTAR
Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa kami telah selesai mengikuti kegiatan pelatihan atau diklat (ToT) Guru Pemandu MGMP mapel Bahasa Inggris Program Bermutu yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah dari tanggal 01 sampai dengan tanggal 09 Nopember 2010 di Hotel Indah Palace, Solo, Jawa Tengah.
Kegiatan pelatihan atau diklat (ToT) Guru Pemandu MGMP mapel Bahasa Inggris Program Bermutu ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu proses pembelajaran melalui MGMP di kelompok kerja. Guru pemandu merupakan tim yang berada di kelompok kerja MGMP yang akan memfasilitasi MGMP kelompok kerja masing-masing.
Untuk melengkapi tugas, bersama ini kami sampaikan laporan singkat tentang kegiatan tersebut. Laporan ini tersusun berkat bimbingan dan bantuan dari beberapa pihak, untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada :
1. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan , Kepala SMP Negeri 3 Pulokulon yang telah memberi tugas untuk mengikuti Pelatihan Guru Pemandu MGMP Bahasa Inggris Program BERMUTU yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP ) Jawa Tengah.
2. Kepala LPMP Jawa Tengah dan Staf yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengikuti kegiatan pelatihan.
3. Widyaiswara dan fasilitator yang telah membimbing dan memberikan bekal ilmu yang bermanfaat.
4. Segenap panitia yang telah membantu menyediakan sarana selama kegiatan.
5. Seluruh anggota MGMP kelompok kerja 06 yang telah mempercayakan kepada kami untuk mengikuti pelatihan atau diklat (ToT) Guru Pemandu MGMP Program Bermutu.
Kami menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu saran dan kritik yang bersifat membangun sangat kami harapkan guna penyempurnaan di masa datang.
Grobogan, 19 Agustus 2010
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Lembar Pengesahan………………………………………………………………………. i
Kata Pengantar……………………………………………………………………………. ii
Daftar isi………………………………………………………………………………….. iii
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………….. 1
A. Latar Belakang……………………………………………………… 1
B. Dasar………………………………………………………………... 1
C. Tujuan………………………………………………………………. 2
D. Hasil Yang Diharapkan…………………………………………….. 2
E. Peserta, Tempat dan Waktu………………………………………… 2
F. Nara Sumber/Penyaji……………………………………………….. 3
G. Dana………………………………………………………………… 3
BAB II PELAKSANAAN………………………………………………………. 4
A. Kegiatan Pra Akademis…………………………………………….. 4
B. Struktur Program…………………………………………………… 4
C. Metode…………………………………………………………....... 4
D. Kegiatan Pasca Akademis………………………………………….. 5
E. Evaluasi…………………………………………………………….. 5
BAB III TATA TERTIB…………………………………………………………. 6
A. Tata Tertib………………………………………………………….. 6
B. Kewajiban Peserta………………………………………………….. 7
C. Hak Peserta…………………………………………………………. 8
D. Jadwal Makan………………………………………………………. 8
E. Informasi Lain……………………………………………………… 8
BAB IV RANGKUMAN DAN RENCANA TINDAK LANJUT BERMUTU … 9
A. Pengertian DBL …….……………………………………………... 9
B. Tujuan……………………………………………………………… 9
C. Hasil Yang Diharapkan……………………………………………. 10
D. Indikator Keberhasilan Program…………………………………... 10
E. Manfaat …………………………………………………………. 12
F. Dampak ………………………………………………………… 12
G. Kegiatan MGMP …………………………………………………. 16
H. Hasil Kegiatan MGMP…………………………………………… 16
I. Rencana Tindak Lanjut ( RTL ) ……………………………………... 17
BAB IV PENUTUP ……………………………………………………………… 18
A. Kesimpulan…………………………………………………………. 18
B. Saran………………………………………………………………… 18
Lampiran :
1. Daftar Nara Sumber
2. Daftar Panitia
3. Daftar Struktur Program
4. Jadwal Pelatihan
5. Daftar Peserta
6. Foto copy STTPL
7. Foto copy Surat Tugas
Subscribe to:
Posts (Atom)